Salam terindah adalah salam kepada seluruh penjuru alam dengan
sapaan senyum dan bahagia.
Assalamu'alaikum Wr Wb
Apa kabar rekan-rekan pembaca blog sekalian?
Semoga tetap dalam keadaan sehat wal'afiat ya .....
Ok kali ini saya akan bercerita mengenai apa yang akan saya tulis kali ini, but sebelum saya bercerita mengenai apa yang akan saya tulis, kali ini ditempat yang luar biasa dan dalam keadaan yang hebat yaitu dalam memperingati Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA 2016). Dalam kompetisi ini saya akan menceritakan tentang sebuah platfrom aplikasi digital berbasis mobile yang telah diluncurkan oleh pemerintah DKI Jakarta. Sebenarnya sih banyak aplikasi yang sudah diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta, namun kali ini yang akan saya bahas hanya satu. Sebelum kita membahasa mengenai aplikasi ini, yuk sama-sama kita ketahui terlebih dahulu mengenai definisi-definisi ataupun penjelasan yang mendukung penjelasan mengenai aplikasi ini.
Sebelum melanjutkan pembahasan sedikit akan saya ulas mengenai alasan memgapa saya memilih judul di atas :
1. Membedakan antara 1 judul dengan judul lainnya.
dikarenakan antara satu teman blogger dengan teman blogger lainnya sama-sama mengangkat mengenai manfaat dari aplikasi IJakarta, namun saya memiliki sisi berbeda yaitu dimana yang saya kupas ini merupakan memiliki unsur akademik (penelitian) serta pemanfaatan dari aplikasi yang ada.
2. Tetap mempertahankan unsur keilmiahan
walaupun hanya ulasan, namun saya tetap mempertahankan segala macam unsur ilmiah agar memiliki ciri berbeda antara 1 judul dengan judul lainnya walaupun sama-sama bertemakan mengenai IJakarta
A.
Media
Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia Media dapat diartikan sebagai:
1.
Alat.
2.
Alat atau (sarana) komunikasi seperti majalah,
radio, televisi, film, poster, dan spanduk.
-
Media Cetak : Sarana media massa yang dicetak
dan di terbitkan secara berkala seperti surat kabar, majalah.
-
Media Elektronik : Sarana media massa yang
mempergunakan alat-alat elektronik modern, misal radio, televisi, dan film.
-
Media masa : Sarana dan saluran resmi sebagai
alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas.
Secara harfiah kata Media memiliki arti
“Perantara” atau “Pengantar”. Association for education and communication
technologi (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang di pergunakan
untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan education association (NEA)
mendefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar,
dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan dengan baik.
Dari definisi-definisi tersebut dapat ditarik keimpulan bahwa
pengertian media
merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran dan
perasaan bagi penggunanya.
Adapun pembagian media terbagi menjadi 3 yaitu: media cetak, media elektronik
dan media massa .
merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran dan
perasaan bagi penggunanya.
B.
Perpustakaan
Berbicara mengenai perpustakaan
pasti kalian sudah tau dong apa sih itu perpusatakaan? dan apa yang dilakukan?
dan sumber apa aja yang didapatkan dan lain-lain. Nah sebelum saya
memperkenalkan aplikasi yang akan saya tulis, maka saya akan perkenalkan secara
singkat mengenai definisi dari perpustakaan. kali ini saya akan mengutip
beberapa definisi perpustakaan yang saya ambil langsung dari jurnal-jurnal yang
ada. berikut beberapa definisi mengenai perpustakaan :
1. Menurut IFLA (International of
Library Associationsand Institutions) “Perpustakaan merupakan kumpulan bahan
tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang
tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.”
2. Menurut sutarno NS, MSi. “perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.”
2. Menurut sutarno NS, MSi. “perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.”
3.
Menurut C. larasati milburga, dkk
“perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi
bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk
digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.”
4. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) Perpustakaan berasal dari kata dasar “pustaka” yang berarti
pustaka atau buku. “Perpustakaan” artinya kumpulan buku (bacaan dsb); bibliotek
5. Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang
perpustakaan disebutkan bahwa: Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi
karya tulis, karya cetak,dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem
yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian,
informasi, dan rekreasi para pemustaka. (Palupi, Agustina
Sultra, Perpustakaan Kota di Yogyakarta, Jurnal).
Dari kelima definisi diatas dapat disimpulkan, bahwa perpustakaan
merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak yang terkumpul dalam suatu
ruangan untuk memenuhi kebutuhan dalam segala disiplin ilmu maupun dalam
memenuhi hiburan bagi pembaca. selanjutnya saya akan ulas mengenai apa sih itu
digital .
C.
Digital
Digital berasal dari kata Digitus,
dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita
hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh
tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena
itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang
terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem
komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga
dengan istilah Bit (Binary
Digit). Peralatan canggih, seperti komputer, pada
prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran
yang mudah-mudah saja, proses biner sepertisaklar lampu, yang memiliki
2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika
saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar
bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati.
Begitulah kira-kira biner digital tersebut. Konsep digital ini ternyata
juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada
gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak
terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan
menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital
ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu
fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan
dua sifatnya, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang ternyata
juga bersentuhan dengan konsep digital ini. (https://id.wikipedia.org/wiki/Digital).
Inti dari pembahasan mengenai digital yaitu dimana digital ini
selalu terkait dengan teknologi dan komputer, dimana digital diperoleh dari
sebuah peralatan canggih dalam sebuah media yang berbasis eletronik yang
diproses dari sebuah alat yang disebut komputer.
D.
Mobile Application
Menurut Wikipedia, pengertian
aplikasi adalah program yang digunakan orang untuk melakukan sesuatu pada
sistem komputer. Mobile dapat diartikan sebagai perpindahan yang mudah dari
satu tempat ke tempat yang lain, misalnya telepon mobile berarti bahwa terminal
telepon yang dapat berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain tanpa
terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi. Sistem aplikasi mobile merupakan
aplikasi yang dapat digunakan walaupun pengguna berpindah dengan mudah dari
satu tempat ketempat lain lain tanpa terjadipemutusan atau terputusnya
komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat nirkabel seperti
pager, seperti telepon seluler dan PDA. Adapun karakteristik perangkat mobile
yaitu:
1.
Ukuran yang kecil : Perangkat mobile
memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk
kenyamanan dan mobilitas mereka.
2.
Memory yang terbatas : Perangkat
mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).
3.
Daya proses yang terbatas : Sistem
mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop.
4.
Mengkonsumsi daya yang rendah :
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop.
5.
Kuat dan dapat diandalkan : Karena
perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk
menghadapi benturanbenturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
6.
Konektivitas yang terbatas :
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak
tersambung.
7.
Masa hidup yang pendek :
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari
mereka selalu menyala.
Dari keseluruhan yang telah dijelaskan diatas berdasarkan
kutipan-kutipan yang ada maka dapat disimpulkan bahwa media digital telah
menjadi sebuah kebutuhan yang tak dapat dihindari oleh kita semua dan dimana
media digital hadir dalam berbagai bentuk, namun saat ini yang menjadi trend
yaitu media digital berbasis aplikasi telepon pintar (Smartphone) yang menjadi
pegangan dari seluruh masyarakat kita terutama di Indonesia. sebelum berlanjut
pada pengenal aplikasi maka penulis akan menampilkan survey dari sebuah
situs website yang menampilkan perkembangan grafik pengguna
smartphone dari waktu ke waktu dan platform apa saja sih yang biasa digunakan khususnya
masyarakat Indonesia. berikut saya kutip survey mengenai jumlah pengguna mobile
di Indonesia pada tahun 2015-2016 yang saya kutip dari laman (https://id.techinasia.com/laporan-pengguna-website-mobile-media-sosial-indonesia).
Angka yang sangat fantastik sekali dimana penggunaan aplikasi
mobile sangatlah pesat dan rata-rata pengguna dari aplikasi perangkat mobile
yaitu mulai dari anak-anak hingga dewasa sehingga dampak dari sebuah teknologi
terutama teknologi berbasis digital sangatlah berpengaruh bagi perkembangan
budaya membaca, dimana masyarakat kita mulai meninggalkan kebiasan dari membaca
sebuah literatur baik itu yang bersifat akademik maupun lain-lain secara
hardcopy saat ini beralih menuju ke arah digital. Akhirnya pemerintah Indonesia
khususnya pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada
warganya terutama dalam menumbuhkan minat baca, maka lahirlah aplikasi yang
merupakan sebuah ide cemerlang dalam menghidupkan kembali semangat membaca
dikalangan muda, namun dalam platform mobile yang bisa diakses kapanpun dan
dimanapun. penasarakan apa sih aplikasinya, so let's check this
out .........
IJakarta (Jakarta Digital Library) atau Perpustakaan Digital
Jakarta merupakan aplikasi yang akan menjadi bahan tulisan saya pada blog saya
tulis ini. Aplikasi ini merupakan jawaban atas ide kaula muda dalam
menghidupkan kembali semangat membaca, namun tetap selalu up to
date dan real time sehingga tidak repot-repot kembali dalam
membawa buku dalam bentuk hard copy dan bisa dinikmati dengan cepat
dalam sentuhan jari-jari tangan. Sehingga praktis dan ringan serta
tetap trendy dan tidak meghilangkan budaya dalam membaca. sehingga
sangat cocok sekali bagi kaula muda untuk tetap bisa membaca dimanapun dan
kapanpun berada serta dapat mensebarkan informasi terkait buku yang dibaca
melalui fasilitas share buku, sehingga dapat mengundang masyarakat lainnya
untuk membaca buku yang dibaca oleh para pengguna aplikasi IJakarta.
Apa saja fitur-fitur yang ada pada aplikasi IJakarta, mari kita
sama-sama lihat pada link berikut ini yang merupakan situs resmi dari aplikasi
IJakarta. (https://ijakarta.id/howto/#_Toc421092735), masih
penasarankan apa sih Ijakarta dan bagaimana cara menggunakan dan cara
mengakses. Silahkan download aplikasi yang ada sesuai dengan platform yang
rekan-rekan pembaca gunakan, tersedia aplikasi di Android, Apple dan Dekstop.
So, makin mudah saja aplikasi IJakarta bisa diperoleh oleh rekan-rekan pembaca
blog. apalagi aplikasi ini seperti media social dimana kita akan lebih sering
menggunakan aplikasi tersebut.
Wah makin asyik aja aplikasinya ya......
Oh ya ada juga loh review video dari aplikasi ini, kali ini bisa
rekan-rekan lihat di blog saya agar rekan-rekan makin ingin mendownload dan
menjajal aplikasi yang digunakan.
(https://www.youtube.com/watch?v=7lL4vMB93sg#action=share)
So .........
Tunggu apalagi yuk mari kita download aplikasi ini dan langsung
deh dicoba dan dirasakan manfaatnya.
Sebelum mengakhiri tulisan ini ada satu petikan kalimat yang
menginspirasi saya, petikan kalimat ini saya ambil dari pengembang aplikasi
IJakarta langsung loh, yaitu "Tanpa mempelajari bahasa sendiri, orang
takkan mengenal bangsanya sendiri. (Pramoedya Ananta Toer)".
Terima Kasih sudah tetap setia menanti tulisan saya ini.
Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta
Download dan rasakan manfaatnya ya ........
Hatur Nuhun
Matur Suwun
Thanks
Syukron Jazilan
Ijakarta Sebagai Media Perpustakaan Digital Berbasis Mobile Application
Reviewed by SANG PENGEMBARA ILMU
on
21.02
Rating:

Tidak ada komentar: