Ijakarta Sebagai Media Perpustakaan Digital Berbasis Mobile Application

Salam terindah adalah salam kepada seluruh penjuru alam dengan sapaan senyum dan bahagia.

Assalamu'alaikum Wr Wb

Apa kabar rekan-rekan pembaca blog sekalian?

Semoga tetap dalam keadaan sehat wal'afiat ya .....


Ok kali ini saya akan bercerita mengenai apa yang akan saya tulis kali ini, but sebelum saya bercerita mengenai apa yang akan saya tulis, kali ini ditempat yang luar biasa dan dalam keadaan yang hebat yaitu dalam memperingati Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA 2016). Dalam kompetisi ini saya akan menceritakan tentang sebuah platfrom aplikasi digital berbasis mobile yang telah diluncurkan oleh pemerintah DKI Jakarta. Sebenarnya sih banyak aplikasi yang sudah diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta, namun kali ini yang akan saya bahas hanya satu. Sebelum kita membahasa mengenai aplikasi ini, yuk sama-sama kita ketahui terlebih dahulu mengenai definisi-definisi ataupun penjelasan yang mendukung penjelasan mengenai aplikasi ini.

Sebelum melanjutkan pembahasan sedikit akan saya ulas mengenai alasan memgapa saya memilih judul di atas :
1. Membedakan antara 1 judul dengan judul lainnya.
dikarenakan antara satu teman blogger dengan teman blogger lainnya sama-sama mengangkat mengenai manfaat dari aplikasi IJakarta, namun saya memiliki sisi berbeda yaitu dimana yang saya kupas ini merupakan memiliki unsur akademik (penelitian) serta pemanfaatan dari aplikasi yang ada.
2. Tetap mempertahankan unsur keilmiahan
walaupun hanya ulasan, namun saya tetap mempertahankan segala macam unsur ilmiah agar memiliki ciri berbeda antara 1 judul dengan judul lainnya walaupun sama-sama bertemakan mengenai IJakarta


A.    Media

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Media dapat diartikan sebagai: 
1.      Alat. 
2.      Alat atau (sarana) komunikasi seperti majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk.
-          Media Cetak : Sarana media massa yang dicetak dan di terbitkan secara berkala seperti surat kabar, majalah.
-          Media Elektronik : Sarana media massa yang mempergunakan alat-alat elektronik modern, misal radio, televisi, dan film.
-          Media masa : Sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas.
Secara harfiah kata Media memiliki arti “Perantara” atau “Pengantar”. Association for education and communication technologi (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang di pergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan education association (NEA) mendefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan dengan baik.

Dari definisi-definisi tersebut dapat ditarik keimpulan bahwa pengertian media
merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran dan
perasaan bagi penggunanya. Adapun pembagian media terbagi menjadi 3 yaitu: media cetak, media elektronik dan media massa.

B.     Perpustakaan

Berbicara mengenai perpustakaan pasti kalian sudah tau dong apa sih itu perpusatakaan? dan apa yang dilakukan? dan sumber apa aja yang didapatkan dan lain-lain. Nah sebelum saya memperkenalkan aplikasi yang akan saya tulis, maka saya akan perkenalkan secara singkat mengenai definisi dari perpustakaan. kali ini saya akan mengutip beberapa definisi perpustakaan yang saya ambil langsung dari jurnal-jurnal yang ada. berikut beberapa definisi mengenai perpustakaan :
1. Menurut IFLA (International of Library Associationsand Institutions) “Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.”
2. Menurut sutarno NS, MSi. “perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.”

3.      Menurut C. larasati milburga, dkk “perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.”

4.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Perpustakaan berasal dari kata dasar “pustaka” yang berarti pustaka atau buku. “Perpustakaan” artinya kumpulan buku (bacaan dsb); bibliotek 

5.     Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa: Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak,dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. (Palupi, Agustina Sultra, Perpustakaan Kota di Yogyakarta, Jurnal).


Dari kelima definisi diatas dapat disimpulkan, bahwa perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak yang terkumpul dalam suatu ruangan untuk memenuhi kebutuhan dalam segala disiplin ilmu maupun dalam memenuhi hiburan bagi pembaca. selanjutnya saya akan ulas mengenai apa sih itu digital .


C.    Digital

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner sepertisaklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut. Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang ternyata juga bersentuhan dengan konsep digital ini. (https://id.wikipedia.org/wiki/Digital).

Inti dari pembahasan mengenai digital yaitu dimana digital ini selalu terkait dengan teknologi dan komputer, dimana digital diperoleh dari sebuah peralatan canggih dalam sebuah media yang berbasis eletronik yang diproses dari sebuah alat yang disebut komputer.


D.    Mobile Application

Menurut Wikipedia, pengertian aplikasi adalah program yang digunakan orang untuk melakukan sesuatu pada sistem komputer. Mobile dapat diartikan sebagai perpindahan yang mudah dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya telepon mobile berarti bahwa terminal telepon yang dapat berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain tanpa terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi. Sistem aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat digunakan walaupun pengguna berpindah dengan mudah dari satu tempat ketempat lain lain tanpa terjadipemutusan atau terputusnya komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat nirkabel seperti pager, seperti telepon seluler dan PDA. Adapun karakteristik perangkat mobile yaitu: 

1.      Ukuran yang kecil : Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka. 

2.      Memory yang terbatas : Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk). 

3.      Daya proses yang terbatas : Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop.

4.      Mengkonsumsi daya yang rendah : Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop.

5.      Kuat dan dapat diandalkan : Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturanbenturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air. 

6.      Konektivitas yang terbatas : Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. 

7.      Masa hidup yang pendek : Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala.


Dari keseluruhan yang telah dijelaskan diatas berdasarkan kutipan-kutipan yang ada maka dapat disimpulkan bahwa media digital telah menjadi sebuah kebutuhan yang tak dapat dihindari oleh kita semua dan dimana media digital hadir dalam berbagai bentuk, namun saat ini yang menjadi trend yaitu media digital berbasis aplikasi telepon pintar (Smartphone) yang menjadi pegangan dari seluruh masyarakat kita terutama di Indonesia. sebelum berlanjut pada pengenal aplikasi maka penulis akan menampilkan survey dari sebuah situs website yang menampilkan perkembangan grafik pengguna smartphone dari waktu ke waktu dan platform apa saja sih yang biasa digunakan khususnya masyarakat Indonesia. berikut saya kutip survey mengenai jumlah pengguna mobile di Indonesia pada tahun 2015-2016 yang saya kutip dari laman (https://id.techinasia.com/laporan-pengguna-website-mobile-media-sosial-indonesia).

Angka yang sangat fantastik sekali dimana penggunaan aplikasi mobile sangatlah pesat dan rata-rata pengguna dari aplikasi perangkat mobile yaitu mulai dari anak-anak hingga dewasa sehingga dampak dari sebuah teknologi terutama teknologi berbasis digital sangatlah berpengaruh bagi perkembangan budaya membaca, dimana masyarakat kita mulai meninggalkan kebiasan dari membaca sebuah literatur baik itu yang bersifat akademik maupun lain-lain secara hardcopy saat ini beralih menuju ke arah digital. Akhirnya pemerintah Indonesia khususnya pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada warganya terutama dalam menumbuhkan minat baca, maka lahirlah aplikasi yang merupakan sebuah ide cemerlang dalam menghidupkan kembali semangat membaca dikalangan muda, namun dalam platform mobile yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. penasarakan apa sih aplikasinya, so let's check this out .........


IJakarta (Jakarta Digital Library) atau Perpustakaan Digital Jakarta merupakan aplikasi yang akan menjadi bahan tulisan saya pada blog saya tulis ini. Aplikasi ini merupakan jawaban atas ide kaula muda dalam menghidupkan kembali semangat membaca, namun tetap selalu up to date dan real time sehingga tidak repot-repot kembali dalam membawa buku dalam bentuk hard copy dan bisa dinikmati dengan cepat dalam sentuhan jari-jari tangan. Sehingga praktis dan ringan serta tetap trendy dan tidak meghilangkan budaya dalam membaca. sehingga sangat cocok sekali bagi kaula muda untuk tetap bisa membaca dimanapun dan kapanpun berada serta dapat mensebarkan informasi terkait buku yang dibaca melalui fasilitas share buku, sehingga dapat mengundang masyarakat lainnya untuk membaca buku yang dibaca oleh para pengguna aplikasi IJakarta.


Apa saja fitur-fitur yang ada pada aplikasi IJakarta, mari kita sama-sama lihat pada link berikut ini yang merupakan situs resmi dari aplikasi IJakarta. (https://ijakarta.id/howto/#_Toc421092735), masih penasarankan apa sih Ijakarta dan bagaimana cara menggunakan dan cara mengakses. Silahkan download aplikasi yang ada sesuai dengan platform yang rekan-rekan pembaca gunakan, tersedia aplikasi di Android, Apple dan Dekstop. So, makin mudah saja aplikasi IJakarta bisa diperoleh oleh rekan-rekan pembaca blog. apalagi aplikasi ini seperti media social dimana kita akan lebih sering menggunakan aplikasi tersebut.

Wah makin asyik aja aplikasinya ya......

Oh ya ada juga loh review video dari aplikasi ini, kali ini bisa rekan-rekan lihat di blog saya agar rekan-rekan makin ingin mendownload dan menjajal aplikasi yang digunakan. (https://www.youtube.com/watch?v=7lL4vMB93sg#action=share)


So .........

Tunggu apalagi yuk mari kita download aplikasi ini dan langsung deh dicoba dan dirasakan manfaatnya.


Sebelum mengakhiri tulisan ini ada satu petikan kalimat yang menginspirasi saya, petikan kalimat ini saya ambil dari pengembang aplikasi IJakarta langsung loh, yaitu "Tanpa mempelajari bahasa sendiri, orang takkan mengenal bangsanya sendiri. (Pramoedya Ananta Toer)".


Terima Kasih sudah tetap setia menanti tulisan saya ini.

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta

Download dan rasakan manfaatnya ya ........


Hatur Nuhun

Matur Suwun

Thanks

Syukron Jazilan


Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Screenshoot aplikasi















Ijakarta Sebagai Media Perpustakaan Digital Berbasis Mobile Application Ijakarta Sebagai Media Perpustakaan Digital Berbasis Mobile Application Reviewed by SANG PENGEMBARA ILMU on 21.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.